3. UKURAN LETAK DATA
a. Kuartil
Kuartil adalah ukuran letak yang membagi data menjadi empat bagian.
Rumusnya K_i = t_b + p\left(\frac{\frac{in}{4}-F}{f}\right)
dimana:
K_i: kuartil ke-i dengan i=1,2,3
t_b: tepi bawah kelas kuartil (batas bawah - 0,5)
K, ialah kelas interval dimana K_i akan terletak
p: panjang kelas K_i
n: banyak data
F: jumlah frekuensi dengan tanda kelas lebih kecil dari tanda kelas K_i
f: frekuensi kelas K_i
Contoh 1. Perhatikan table frekuensi berikut
Tentukan a)K_1, b)K_2, dan c)K_3 !
Jawab:
Diketahui n=40.
a) Untuk K_1 kita memerlukan \frac{1}{4}(40)=10 data, ini berarti K_1 ada di kelas 65-69. t_b = 65-0,5=64,5
p=5
F=3
f=7
Maka K_1 = 64,5 + 5\left(\frac{\frac{40}{4}-3}{7}\right) =64,5+\frac{35}{7}=69,5
b) Untuk K_2 kita memerlukan \frac{2}{4}(40)=20 data, ini berarti K_2 ada di kelas 75-79. t_b = 75-0,5=74,5
p=5
F=3+7+6=16
f=9
Maka K_2 = 74,5 + 5\left(\frac{\frac{80}{4}-16}{9}\right) =74,5+\frac{20}{9}=76,72
c) Untuk K_3 kita memerlukan \frac{3}{4}(40)=30 data, ini berarti K_3 ada di kelas 85-89. t_b = 85-0,5=84,5
p=5
F=3+7+6+9+4=29
f=10
Maka K_3 = 84,5 + 5\left(\frac{\frac{120}{4}-29}{10}\right) =84,5+\frac{5}{10}=85,0
b. Desil
Desil adalah ukuran letak yang membagi data menjadi 10 bagian.
Rumusnya D_i = t_b + p\left(\frac{\frac{in}{10}-F}{f}\right)
dimana:
D_i: Desil ke-i dengan i=1,2,…,9
t_b: tepi bawah kelas desil (batas bawah - 0,5)
p: panjang kelas D_i
n: banyak data
F: jumlah frekuensi dengan tanda kelas lebih kecil dari tanda kelas D_i
f: frekuensi kelas D_i
Contoh 2. Dari table di bawah, tentukan a)D_3, b)D_6 dan c)D_9 !
Jawab:
Diketahui n=400.
a) Untuk D_3 kita memerlukan \frac{3}{10}(400)=120 data, ini berarti D_1 ada di kelas 70-74.
t_b = 70-0,5=69,5
p=5
F=100
f=60
Maka D_3 = 69,5 + 5\left(\frac{\frac{1200}{10}-100}{60}\right) =69,5+\frac{10}{6}=71,17
b) Untuk D_6 kita memerlukan \frac{6}{10}(400)=240 data, ini berarti D_6 ada di kelas 75-79.
t_b = 75-0,5=74,5
p=5
F=30+70+60=160
f=90
Maka D_6 = 74,5 + 5\left(\frac{\frac{2400}{10}-160}{90}\right) =74,5+\frac{16}{9}=76,28
c) Untuk D_9 kita memerlukan \frac{9}{10}(400)=360 data, ini berarti D_9 ada di kelas 85-89.
t_b = 85-0,5=84,5
p=5
F=3+7+6+9+4=290
f=100
Maka D_9 = 84,5 + 5\left(\frac{\frac{3600}{10}-290}{100}\right) =84,5+\frac{35}{10}=88,0
c. Persentil
Persentil adalah ukuran letak yang membagi data menjadi 100 bagian.
Rumusnya P_i = t_b+ p\left(\frac{\frac{in}{100}-F}{f}\right)
dimana:
P_i: persentil ke-i dengan i=1,2,…,99
t_b: tepi bawah kelas persentil (batas bawah - 0,5)
p: panjang kelas P_i
n: banyak data
F: jumlah frekuensi dengan tanda kelas lebih kecil dari tanda kelas P_i
f: frekuensi kelas P_i
Contoh 3. Dari table pada contoh 2, tentukan a)P_1, b)P_{30} dan c)P_{60} !
Jawab:
Diketahui n=400.
a) Untuk P_1 kita memerlukan \frac{1}{100}(400)=4 data, ini berarti P_1 ada di kelas 60-64. t_b = 60-0,5=59,5
p=5
F=0
f=30
Maka P_1 = 59,5 + 5\left(\frac{\frac{400}{100}-0}{30}\right) =59,5+\frac{2}{3}=60,17
b) Untuk P_{30} kita memerlukan \frac{30}{100}(400)=120 data, ini berarti P_{30} ada di kelas 70-74.
t_b = 70-0,5=69,5
p=5
F=30+70+60=100
f=60
Maka P_{30} = 69,5 + 5\left(\frac{\frac{12000}{100}-100}{60}\right)= 69,5+\frac{10}{6}=71,17
c) Untuk P_{60} kita memerlukan \frac{60}{100}(400)=240 data, ini berarti P_{60} ada di kelas 75-79.
t_b = 75-0,5=74,5
p=5
F=160
f=90
Maka P_{60} = 74,5 + 5\left(\frac{\frac{24000}{100}-160}{90}\right) =74,5+\frac{40}{9}=78,94
a. Kuartil
Kuartil adalah ukuran letak yang membagi data menjadi empat bagian.
Rumusnya K_i = t_b + p\left(\frac{\frac{in}{4}-F}{f}\right)
dimana:
K_i: kuartil ke-i dengan i=1,2,3
t_b: tepi bawah kelas kuartil (batas bawah - 0,5)
K, ialah kelas interval dimana K_i akan terletak
p: panjang kelas K_i
n: banyak data
F: jumlah frekuensi dengan tanda kelas lebih kecil dari tanda kelas K_i
f: frekuensi kelas K_i
Contoh 1. Perhatikan table frekuensi berikut
kelas | f_i | F |
60-64 | 3 | 3 |
65-69 | 7 | 10 |
70-74 | 6 | 16 |
75-79 | 9 | 25 |
80-84 | 4 | 29 |
85-89 | 10 | 39 |
90-94 | 1 | 40 |
jumlah | 40 |
Tentukan a)K_1, b)K_2, dan c)K_3 !
Jawab:
Diketahui n=40.
a) Untuk K_1 kita memerlukan \frac{1}{4}(40)=10 data, ini berarti K_1 ada di kelas 65-69. t_b = 65-0,5=64,5
p=5
F=3
f=7
Maka K_1 = 64,5 + 5\left(\frac{\frac{40}{4}-3}{7}\right) =64,5+\frac{35}{7}=69,5
b) Untuk K_2 kita memerlukan \frac{2}{4}(40)=20 data, ini berarti K_2 ada di kelas 75-79. t_b = 75-0,5=74,5
p=5
F=3+7+6=16
f=9
Maka K_2 = 74,5 + 5\left(\frac{\frac{80}{4}-16}{9}\right) =74,5+\frac{20}{9}=76,72
c) Untuk K_3 kita memerlukan \frac{3}{4}(40)=30 data, ini berarti K_3 ada di kelas 85-89. t_b = 85-0,5=84,5
p=5
F=3+7+6+9+4=29
f=10
Maka K_3 = 84,5 + 5\left(\frac{\frac{120}{4}-29}{10}\right) =84,5+\frac{5}{10}=85,0
b. Desil
Desil adalah ukuran letak yang membagi data menjadi 10 bagian.
Rumusnya D_i = t_b + p\left(\frac{\frac{in}{10}-F}{f}\right)
dimana:
D_i: Desil ke-i dengan i=1,2,…,9
t_b: tepi bawah kelas desil (batas bawah - 0,5)
p: panjang kelas D_i
n: banyak data
F: jumlah frekuensi dengan tanda kelas lebih kecil dari tanda kelas D_i
f: frekuensi kelas D_i
Contoh 2. Dari table di bawah, tentukan a)D_3, b)D_6 dan c)D_9 !
kelas | f_i | F |
60-64 | 30 | 30 |
65-69 | 70 | 100 |
70-74 | 60 | 160 |
75-79 | 90 | 250 |
80-84 | 40 | 290 |
85-89 | 100 | 390 |
90-94 | 10 | 400 |
jumlah | 400 |
Diketahui n=400.
a) Untuk D_3 kita memerlukan \frac{3}{10}(400)=120 data, ini berarti D_1 ada di kelas 70-74.
t_b = 70-0,5=69,5
p=5
F=100
f=60
Maka D_3 = 69,5 + 5\left(\frac{\frac{1200}{10}-100}{60}\right) =69,5+\frac{10}{6}=71,17
b) Untuk D_6 kita memerlukan \frac{6}{10}(400)=240 data, ini berarti D_6 ada di kelas 75-79.
t_b = 75-0,5=74,5
p=5
F=30+70+60=160
f=90
Maka D_6 = 74,5 + 5\left(\frac{\frac{2400}{10}-160}{90}\right) =74,5+\frac{16}{9}=76,28
c) Untuk D_9 kita memerlukan \frac{9}{10}(400)=360 data, ini berarti D_9 ada di kelas 85-89.
t_b = 85-0,5=84,5
p=5
F=3+7+6+9+4=290
f=100
Maka D_9 = 84,5 + 5\left(\frac{\frac{3600}{10}-290}{100}\right) =84,5+\frac{35}{10}=88,0
c. Persentil
Persentil adalah ukuran letak yang membagi data menjadi 100 bagian.
Rumusnya P_i = t_b+ p\left(\frac{\frac{in}{100}-F}{f}\right)
dimana:
P_i: persentil ke-i dengan i=1,2,…,99
t_b: tepi bawah kelas persentil (batas bawah - 0,5)
p: panjang kelas P_i
n: banyak data
F: jumlah frekuensi dengan tanda kelas lebih kecil dari tanda kelas P_i
f: frekuensi kelas P_i
Contoh 3. Dari table pada contoh 2, tentukan a)P_1, b)P_{30} dan c)P_{60} !
kelas | f_i | F |
60-64 | 30 | 30 |
65-69 | 70 | 100 |
70-74 | 60 | 160 |
75-79 | 90 | 250 |
80-84 | 40 | 290 |
85-89 | 100 | 390 |
90-94 | 10 | 400 |
jumlah | 400 |
Diketahui n=400.
a) Untuk P_1 kita memerlukan \frac{1}{100}(400)=4 data, ini berarti P_1 ada di kelas 60-64. t_b = 60-0,5=59,5
p=5
F=0
f=30
Maka P_1 = 59,5 + 5\left(\frac{\frac{400}{100}-0}{30}\right) =59,5+\frac{2}{3}=60,17
b) Untuk P_{30} kita memerlukan \frac{30}{100}(400)=120 data, ini berarti P_{30} ada di kelas 70-74.
t_b = 70-0,5=69,5
p=5
F=30+70+60=100
f=60
Maka P_{30} = 69,5 + 5\left(\frac{\frac{12000}{100}-100}{60}\right)= 69,5+\frac{10}{6}=71,17
c) Untuk P_{60} kita memerlukan \frac{60}{100}(400)=240 data, ini berarti P_{60} ada di kelas 75-79.
t_b = 75-0,5=74,5
p=5
F=160
f=90
Maka P_{60} = 74,5 + 5\left(\frac{\frac{24000}{100}-160}{90}\right) =74,5+\frac{40}{9}=78,94
No comments:
Post a Comment